Ini Tugas Pentingnya RELAY di Motor Anda



Saat mendengar nama relay, hal pertama yang dibayangkan adalah bagian kelistrikan sepeda motor. Hal ini cukup wajar memang, mengingat komponen yang satu ini sering jadi perhatian utama saat Anda melakukan modifikasi kelistrikan, dari mulai ganti klakson, headlamp hingga sein.
Apa sih fungsi dari komponen relay ini?
Secara umum, relay bertugas untuk menjaga kestabilan daya listrik yang digunakan oleh komponen kelistrikan, seperti klakson atau lampu-lampu. Makanya, saat Anda ganti klakson atau lampu LED atau HID, pemasangan relay jadi hal yang wajib dilakukan.
Cara kerja relay ini cukup sederhana, yakni sebagai pemutus dan menghubungkan arus, sama seperti saklar, hanya saja semua tugas tersebut dilakukan dengan sangat cepat dan otomatis.
Dalam relay, terdapat dua komponen utama yang yang mendukung kinerjanya, yakni kumparan atau elektromagnet yang bertugas untuk mengetahui kapan saklar atau bagian kontak atau diputus atau dihubungkan kembali, dan bagian kontak atau saklar.
Dalam kelistrikan sepeda motor, biasanya relay yang digunakan merupakan relay dengan arus yang kecil, bentuknya lebih kompak dan model bodinya transparan. Desain seperti ini selain memudahkan saat pemasangan, pengecekan kerusakan relay pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.
Pasang relay pun sebenarnya cukup mudah dan tidak mahal karena komponen ini memang cukup mudah ditemui dan biasa dijual di toko elektronik atau bengkel motor.
Tapi ingat, pastikan Anda memilih relay berkualitas tinggi. Untuk sepeda motor, ukuran standar relay yang biasa dipasang adalah, 12 V dan 30-40 A. Ukuran ini cukup ideal untuk menjaga kinerja komponen tetap maksimal, dan mencegah aki tidak mudah tekor.

Mau Beli Mobil Suzuki Keluaran terbaru????
Tunggu apalagi???
Informsi lengkap disini, Pesan Sekarang Juga !!!!

Hubungi : Arief Roby Assidiq
0857 2308 2003 ( WA )
0878 7046 4577 tlp, sms


0815 46000 797 tlp, sms

0 Response to " Ini Tugas Pentingnya RELAY di Motor Anda "

Post a comment