Mulai 2018, Semua Mobil Harus Ditanami 'Black Box'

ariefsuzuki89.blogspot.com
VIVA.co.id - Tingginya angka kematian akibat kecelakaan mobil mendapat perhatian serius dari Uni Eropa. Karena itu, Uni Eropa akan menerapkan aturan bahwa semua mobil wajib dilengkapi 'black box', atau 'kotak hitam'.


Dilansir Daily Mail, aturan ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2018 mendatang. Namun 'kotak hitam' ini tentu berbeda dengan yang ditanamkan pada pesawat terbang. 'Kotak hitam' pada mobil ini memiliki teknologi eCall.

Dengan 'kotak hitam' ini diharapkan akan semakin menekan angka kematian yang disebabkan karena kecelakaan mobil. Lalu, bagaimana cara kerja dengan alat berteknologi eCall ini?

Dengan teknologi ini, petugas medis akan lebih cepat merespons terjadinya kecelakaan dan dapat segera memberikan pertolongan pada korban. 

Sistem kerjanya, sensor dari 'kotak hitam' ini akan dengan cepat mendeteksi sebuah kecelakaan dan langsung mengirimkan posisi TKP (tempat kejadian perkara) ke satelit. Dari satelit, koordinat lokasi kejadian akan diterima tim medis.

Saat ini, rencana ini telah memasuki tahap awal, di mana draf aturan mengenai 'kotak hitam' ini tengah digodok oleh Komite Perlindungan Konsumen dan Pasar dari Parlemen Eropa. Rencananya, aturan ini akan dapat diterapkan pada Oktober 2017. (asp)

0 Response to " Mulai 2018, Semua Mobil Harus Ditanami 'Black Box' "

Post a Comment